3 Desa Wisata di Bali Masuk Nominasi ADWI 2023

oleh
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat melakukan kunjungan kerja di Bali, Selasa (16/5/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tiga desa wisata di Bali masuk dalam nominasi penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun ini yaitu Desa Wisata Serangan di kota Denpasar, Desa Wisata Kendran Gianyar dan Desa Wisata Manistutu Jembrana.

Keseluruhan ada 75 Desa Wisata di Indonesia yang akan menerima award pada ADWI tahun 2023. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 50 desa wisata.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati konsen dengan perkembangan pariwisata di Bali. Ia memberikan apresiasi atas terpilihnya tiga desa wisata dalam nominasi penerima penghargaan Anugerah Desa Wisata 2023.

“Tentu ini jadi penyemangat kami bersama masyarakat desa untuk terus bangkit maju membangun pariwisata,” kata Cok Ace, Selasa (16/5/2023).

Sementara, Menparekraf Sandiaga Uno tidak memungkiri kualitas desa-desa wisata yang ada di Bali. Bahkan, kualitasnya sudah berkelas dunia.

“Kualitasnya kalau ini menurut saya kelas dunia,” ungkapnya di Art Center, Denpasar.

Jika dibandingkan dengan desa wisata lainnya, desa wisata di Bali pengelolaannya sudah sangat maju. Masyarakat sebagai pengelola juga mendapatkan manfaat besar. Sehingga, pemerintah hanya perlu melakukan memfasilitasinya.

Menurutnya, ketiga desa wisata itu nantinya akan menyusul desa wisata lain yang sudah dikenal di Bali.

“Tiga ini akan menyusul kakak-kakak nya yang lebih dulu jauh lebih dikenal seperti Penglipuran, desa wisata Undisan, Pemuteran, dan Sudaji,” kata Sandiaga Uno.

Menurutnya, pengembangan pariwisata di Bali selalu berdasarkan pada Tri Hita Karana dan konsep pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Konsep itu diharapkan memberikan dampak luas untuk masyarakat. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News