24 Mata Lomba Dipertandingkan dalam LKS SMK Kabupaten Purworejo Tahun 2022

    


Bagus Adiroso, SH, Kasi SMK dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jateng, saat membuka LKS SMK tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2022, Senin (24/01/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2022, resmi dimulai. LKS ke 30 ini, resmi dibuka oleh Bagus Adiroso, SH, Kasi SMK dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jateng, Senin (24/01/2022).

Bertempat di GOR SMKN 2 Purworejo, pembukaan LKS juga dihadiri pengawas SMK, Kepala SMK se Kabupaten Purworejo, perwakilan peserta, perwakilan juri, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya, Bagus Adiroso menyampaikan, LKS juga sebagai Asesmen untuk guru, sejauh mana pengajaran kepada siswa. Pada para peserta diharapkan untuk siap, tidak saja siap ilmu, tapi juga siap mental.

“Itulah kalau pengin jadi juara. Didalam hati sudah ada keyakinan, kalianlah juaranya,” kata Bagus.

Budiono, S.Pd, M.Pd, selaku Ketua Panitia LKS dalam laporannya menyampaikan, bahwa LKS dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 24 – 27 Januari 2022, dengan mempertandingkan 24 mata lomba.

Mata Lomba ini, Bricklaying, Teknik Pemasangan Tegel Keramik Dinding dan Lantai, Mechanical Engineering CAD, Teknik Instalasi Kelistrikan, Teknologi Automobil, Teknik Pengelasan, Teknik Permesinan, Teknik Kontrol Industri, Sistem Otomasi Mesin Perkakas, Teknik Rekayasa Cetak Plastik, Prototype Modelling, Teknik Pengukuran, Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor, CAD Building.

Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis, Teknologi Desain Grafis, Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan, Teknik Desain Laman, Teknik Perancangan model 3 Dimensiy, Hotel Reception, Teknologi Mode, Keperawatan sosial dan Kesehatan, Farmasi, dan Pemasaran Daring.

“Lomba dilaksanakan di 10 tempat, dengan peserta lomba 162 orang. Meski dilaksanakan sederhana dengan prokes ketat, namun tidak mengurangi esensi dari LKS itu sendiri,” kata Budiono.

Ki Gandung Ngadina, S.Pd, M.Pd, selalu Ketua MKKS SMK Kabupaten Purworejo juga menyampaikan, bahwa kegiatan LKS bertujuan untuk memberikan motivasi kepada sekolah-sekolah untuk meningkatkan sekolah. Apabila sekolah-sekolah SMK itu meningkat, otomatis peran SMK akan lebih bagus di masa depan.

“Juga persiapan untuk menjadi juara di tingkat provinsi dan nasional,” ujar Ki Gandung.

Kegiatan LKS, kata Ki Gandung, merupakan bagian dari MKKS dalam rangka mengkondisikan SMK di Purworejo agar lebih bagus.

“Menang atau juara itu menjadi impian untuk sekolah. Saat ini, jumlah SMK negeri dan swasta se Kabupaten Purworejo ada 39, dengan jumlah total siswa mencapai 18.625,” pungkas Ki Gandung. (Jon)