23 Perusahaan Ikuti Job Matching SMK N 3 Purworejo

    


Suasana launching program job matching di SMK N 3 Purworejo, Kamis (6/9) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 23 perusahaan, ikut ambil bagian dalam Job Matching, yang diselenggarakan SMK N 3 Purworejo. Job Matching sendiri, merupakan program pemasaran tamatan SMK dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

SMK N 3 Purworejo, merupakan salah satu dari lima sekolah di Jateng, dan bagian dari 50 SMK di Indonesia yang mendapatkan kesempatan melaksanakan Job Matching.

Launching Job Matching dilakukan Kamis (6/9), di SMK N 3 Purworejo, oleh Kepala BP2MK Wilayah IV Jawa Tengah, Sutego. Acara ini dihadiri Devi Istiyaningrum, dari Subdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri (Lasjurin) Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Purworejo, Tri Sumarno.

“Keterbatasan kesempatan kerja bagi lulusan SMK, menjadi dasar diluncurkannya program Job Matching ini, selain bursa kerja khusus SMK yang sudah berjalan,” ujar Devi Istiyaningrum dalam arahannya.

Devi berharap, dengan adanya job matching, akan terjadi percepatan pertemuan antara dunia usaha dunia industri (DUDI) dengan lulusan SMK. Diharapkan pula, program ini, bisa dilaksanakan dilanjutkan secara berkesinambungan oleh SMK.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMK N 3 Purworejo, Indriati Agung Rahayu menjelaskan, pelaksanaan job matching dilakukan dengan memanfaatkan media internet melalui portal topkarir. Program ini hasil kerjasama Kemendikbud dengan topkarir, dimana perekrutan karyawan DUDI menggunakan media online.

Terpisah, Faisal, selaku ketua panitia menjelaskan, dalam program job matching ini, siswa-siswa SMK se-Purworejo dapat mendaftar dengan cara membuka portal topkarir, lalu mengunggah (upload) data diri dilengkapi kompetensi termasuk sertifikat bila memiliki, pada perusahaan yang diinginkan.

Sementara pada perusahaan, akan menampilkan profil perusahaan, disertai lowongan yang dibutuhkan, beserta syarat-syaratnya. Keuntungan dari program ini, si pelamar tidak perlu mendatangi perusahaan dan menyerahkan berkas. Tapi cukup membuka portal topkarir, dan bisa dilakukan menggunakan hp android.

“Pada hari pertama dilaunching, hingga jam 14.00 wib, sudah ada 688 pelamar yang memanfaatkan program Job Matching ini,” jelas Faisal. (Jon)