2 Pasien Positif Corona di Bali Dinyatakan Sembuh

    


Ilustrasi/foto: sehatq.com

KORANJURI.COM – Pasien Positif covid-19 yang dirawat di Bali 2 orang dinyatakan sembuh. Menurut Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, 2 pasien tersebut dipersiapkan pulang hari ini, Senin, 30 Maret 2020.

Dari 2 orang yang sembuh itu, Dewa Indra memastikan satu orang merupakan WNI.

“Yang satu nanti bisa dikonfirmasi ke Kadis kesehatan,” ujarnya dalam siaran live streaming Senin, 30 Maret 2020.

Penetapan sembuh itu, menurut Kasatgas yang juga Sekda Provinsi Bali ini, didasarkan pada dua kali tes dengan hasil konsisten negatif.

“Dua kali tes dan dinyatakan negatif, fisiknya juga sehat dan dinyatakan sembuh,” jelasnya.

Sementara, perkembangan jumlah pasien PDP di Bali saat ini sebanyak 146 orang. Dewa Indra mengatakan, ada penambahan 5 orang kasus PDP. Dari 146 pasien dalam pengawasan itu, telah keluar hasil uji lab swab sebanyak 109 orang.

“90 orang negatif dan 19 orang dinyatakan positif. Artinya ada tambahan positif sebanyak 9 orang,” jelas Dewa Indra.

Dari penambahan jumlah PDP covid-19, fakta lain yang perlu dicermati adalah, munculnya temuan baru terkait transmisi lokal penyebaran virus sars-cov-2 tersebut. Ada 3 orang yang terinfeksi oleh transmisi lokal.

Transmisi lokal merupakan penyebaran melalui interaksi jarak dekat dengan kasus positif sebelumnya. Jumlah pasien yang terinfeksi akibat transmisi lokal itu ditemukan 3 kasus. Sedangkan 5 kasus positif lainnya muncul karena pernah melakukan perjalanan di luar Bali. (Way)