2 Ayam Jago Simbol Kemenangan Warga Bendung Bener atas Kasasi di MA

    


Menang kasasi, warga terdampak Bendung Bener berikan hadiah ayam jago pada Ketua PN Purworejo, Rabu (22/07/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kasasi atas perkara perdata sengketa pengadaan tanah Bendungan Bener telah selesai dan dimenangkan oleh Maksum (60), warga Desa Guntur, Kecamatan Bener, selaku termohon.

Dalam amar putusannya, Mahkamah Agung menyatakan menolak permohonan Kasasi dari pemohon I yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta pemohon II Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSSO).

Untuk mengetahui putusan Kasasi tersebut secara langsung, ratusan warga terdampak proyek Bendungan Bener dari 7 desa mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Purworejo, Rabu (22/7).

Ringkasan putusan Kasasi yang dibacakan oleh Anggota DPRD Purworejo M. Abdullah selaku pendamping warga disambut bahagia dan syukur oleh ratusan warga di halaman kantor setempat.

Perwakilan warga juga menyerahkan dua ekor ayam jago kepada R Muhammad Abdullah serta Ketua PN Purworejo Sutarno sebagai simbol keberanian dan kemenangan penegakan hukum di Kabupaten Purworejo, khususnya bagi warga yang tanahnya terdampak Bendungan Bener dan selama ini memperjuangkan keadilan.

“Semoga ke depannya Pengadilan Negeri Purworejo tetap memberikan keputusan yang seadil-adilnya bagi masyarakat,” kata seorang orator massa melalui pengeras suara saat penyerahan ayam jago.

“Terima kasih atas penghargaannya, tapi pemberian ayam jago ini hanya sebagai simbol,” kata Sutarno.

Dijelaskan oleh Sutarno, bahwa institusinya tidak menerima pemberian bentuk apapun yang bersifat suap atau apapun dari masyarakat karena Pengadilan Negeri Purworejo telah mendapatkan predikat sebagai institusi yang bebas dari korupsi. (Jon)