19 Bartender Ikuti Ajang Monin Cup Bali 2018

    


Penyelenggara Monin Cup Bali 2018 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kompetisi bar tender Monin Cup Bali 2018 digelar di Bali. Kompetisi itu menyeleksi satu pemenang untuk tampil di tingkat nasional yang diadakan di The Hub Sanur Bali dengan diorganisir oleh Monin, perusahaan sirup asal Perancis.

Agung Yoga dari Asosiasi Bartender Asia menjelaskan, dari seleksi di tingkat regional di Bali, pemenang akan berlaga di final Monin Cup di Jakarta. Dari Jakarta, pemenang akan mewakili Indonesia di ajang yang sama untuk tingkat Asia Pasifik. Kemudian berlanjut di kejuaraan bar tender dunia yang tahun ini akan diadakan di Perancis.

Kontestan asal Bali, saat ini memiliki peluang besar mewakili Indonesia di Asia Pasifik.

“Bar tender asal Bali sampai saat ini sangat diperhitungkan di tingkat nasional. Jadi punya peluang besar untuk menang di final nanti di Jakarta,” jelas Agung Yoga.

Meski, hingga saat ini, Jakarta menjadi pesaing berat bagi bar tender asal Bali. Namun, sejarah telah mencatat, bar tender asal Pulau Dewata beberapa kali mewakili kejuaraan di tingkat Asia Pasifik.

Bayu Hendra dari Himpunan Bartender Indonesia (HBI) menambahkan, HBI menjadi wadah bagi bartender muda sekaligus sebagai wadah yang memfasilitasi bakat-bakat muda untuk meraih prestasi di semua level.

“Kita memberikan peluang kepada mereka untuk berkompetisi. Dari sisi peluang, mereka akan memiliki skill maksimal karena mendapatkan peluang tampil lebih banyak,” jelas Bayu Hendra

Sementara, Monin Country Manager Indonesia, Marni Yunita didampingi Beverage Innovation Manager Jason Moon menjelaskan, Monin Cup 2018 menjadi event regional pertama yang diadakan di Bali. Seleksi peserta dilakukan dengan membatasi umur maksimal 27 tahun.

“Peserta rata-rata berasal dari kalangan profesional. Ada 19 peserta yang mengikuti kompetisi,” jelas Marni Yunita.

Monin Cup bartender menjadi event 2 tahunan dengan setiap negara menyelenggarakan kompetisi masing-masing untuk menjaring pemenang.

Dukungan kompetisi itu juga diberikan oleh Putra Surya Internusa sebagai penyedia perlengkapan bsrtending yang ada di Bali.

“Spesialisasi kita ada di perlengkapan bartender. Peran kita sebagai sponsor untuk mendukung bartender dengan bartools yang kami miliki yang berstandar internasional,” jelas Olivier Salvetti dari Putra Surya Internusa. (Way)