189 Siswa SMK N 7 Purworejo Dinyatakan Lulus, Siswa Berprestasi Dapat Reward

    


Samsiyah, S.Pd, Kepala SMK N 7 Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 189 siswa kelas XII SMK N 7 Purworejo dinyatakan lulus, setelah mereka mengikuti USBN dan UNBK, sebagai syarat kelulusan. Mereka ini, dari tiga kompetensi keahlian, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Tata Busana, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Pengumuman kelulusan disampaikan Senin (13/5), pada orang tua siswa.

Untuk siswa dengan nilai tertinggi UNBK, diraih Yuli Kurniasih, dari jurusan Akuntansi, dengan jumlah nilai 359. Dua siswa dengan nilai 100 untuk mapel Bahasa Indonesia, diraih Ria Puspitasari (Akuntansi) dan Anisa Aprilia Pradita (Akuntansi).

“Untuk siswa-siswa berprestasi, akan mendapatkan reward, yang diberikan pada saat upacara Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei mendatang,” jelas Samsiyah, S.Pd, Kepala SMK N 7 Purworejo, Rabu (15/5).

Pada jurusan TITL, untuk juara 1 sampai 3 diraih, Rikho Darmawan (306), Rosyid Gusanto (303,5), dan Himam Priyono (301). Juara 1 sampai 3 jurusan Tata Busana, Siti Futi Chatur Rohmah (281,5), Armita Nanda Devisaputri (280,5), dan Melisa Aryanti (275). Untuk juara 1 sampai 3 jurusan Akuntansi, Yuli Kurniasih (359), Ria Puspita Sari (350), dan Sely Sisvandevi (342,5).

Samsiyah menambahkan, dalam PPDB tahun pelajaran 2019/2020, SMK N 7 Purworejo menerima 216 siswa baru untuk enam rombel. Masing-masing rombel berisi 36 siswa, untuk tiga kompetensi keahlian, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Tata Busana, serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Untuk verifikasi berkas dan pengajuan akun, dilaksanakan mulai tanggal 17 Juni hingga 28 Juni 2019. Calon siswa, datang langsung di satuan pendidikan.

“Pendaftaran Daring Mandiri atau lewat satuan pendidikan, dibuka mulai tanggal 1 Juli, dan ditutup tanggal 5 Juli 2019. Untuk pengumuman hasil seleksi, tanggal 9 Juli. Pendaftaran ulang, tanggal 10 dan 11 Juli. Dan hari pertama masuk sekolah, 15 Juli 2019, ” jelas Samsiyah.

Dari kompetensi keahlian yang ada, menurut Samsiyah, TITL yang paling banyak diminati. Hal itu dikarenakan, para lulusan jurusan ini lebih banyak berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan, meski dalam skala lokal. Umumnya, diminta bekerja pada tempat mereka melaksanakan prakerin (praktek kerja industri).

Dan dari semua kompetensi keahlian, terang Samsiyah, sudah melaksanakan uji kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Untuk jurusan Akuntansi, masuk jejaring SMK N 2 Purworejo, dan jurusan Tata Busana masuk jejaring SMK N 3 Purworejo. Jurusan TITL, uji kompetensi dilakukan oleh LSP LPJK.

“Untuk penyaluran alumni di dunia industri, dari BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK N 7 sudah menjalin kerjasama dengan 18 perusahaan, dari yang lokal hingga berskala nasional,” pungkas Samsiyah. (Jon)