170 Peserta Ikuti Romansa Purworejo Expo 2018

    


Bupati Purworejo Agus Bastian, bersama sejumlah tamu undangan, saat meninjau sejumlah stand peserta Romansa Purworejo Expo 2018, Rabu (31/10) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah, Budiyanto Eko Purwono, mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, secara resmi membuka Romansa Purworejo Expo 2018, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (31/10).

Pameran yang akan berlangsung selama 5 hari, 31 Oktober hingga 4 November, di kawasan Pendopo Kabupaten Purworejo ini, berisi 170 stand yang memamerkan beragam produk unggulan pelaku UMKM, BUMN, BUMD, instansi pemerintah dan swasta, serta lembaga pendidikan.

Budiyanto memberikan apresiasi khusus pada event berkelas nasional ini, karena dinilai efektif dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta memperluas akses pemasaran.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi upaya nyata memberikan wahana promosi berbagai produk kreatif masyarakat, ajang edukasi dan hiburan yang diharapkan dapat memicu ide dan kreativitas dalam mengeksplore potensi, bakat, minat, dan kemampuan,” kata Budiyanto, saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah di hadapan para tamu undangan.

Dalam kesempatan itu pihaknya mendorong agar para pemangku kebijakan dapat jeli terhadap produk yang dapat dieksplore dan dikembangkan lebih lanjut.

Para pelaku usaha juga harus mengoptimalkan potensi fasilitas yang ada, termasuk kemajuan teknologi untuk memperluas akses pasar melalui jaringan internet mengingat saat ini era digitalisasi yang disebut perdagangan elektorik atau e-commerece.

“Sekarang semua serba online, kalau produk lokal, termasuk karya UMKM tidak segera masuk dalam jaringan online maka akan tertinggal,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Purworejo Agus Bastian menjelaskan, peserta pameran tidak hanya dari Kabupaten Purworejo saja, tapi juga dari sejumlah kota besar di Jawa Tengah dan Indonesia, serta kementerian.

Dengan adanya peserta dari luar daerah, baik para pengunjung maupun peserta pameran dari Purworejo, dapat saling memperkaya wawasan produk unggulan.

Bupati berharap, expo yang digelar dapat membangun citra positif atas berbagai upaya yang telah dilakukan, baik oleh pemerintah maupun swasta dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan.

“Expo kali ini sekaligus untuk menyongsong tahun kunjungan wisata Romansa Purworejo 2020,” jelas bupati.

Secara simbolis, pembukaan expo ditandai dengan pengguntingan pita bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Dra Ema Rachmawati MHum, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, ketua DPRD Luhur Pambudi serta para pejabat Forkompinda Purworejo. Rombongan selanjutkan meninjau sejumlah stand dan melakukan interaksi dengan para pelaku usaha. (Jon)