162 Taruna SMKN 4 Purworejo Ikuti Diklat

    


Taruna SMK N 4 Purworejo, saat mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 162 taruna SMK N 4 Purworejo, mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang untuk Tahun Anggaran 2018.

Ke 162 taruna yang mengikuti diklat, terdiri dari taruna tingkat I dan II kompetensi keahlian NKPI dan TKPI. Diklat di bidang pelayaran ini terbagi menjadi 3 (angkatan) dan dilaksanakan pada bulan Agustus, Oktober, dan November 2018.

“Untuk tahun ini, tidak semua taruna tingkat I dan II bisa mengikuti diklat ini, karena salah satu syarat belum bisa terpenuhi, yaitu, usia taruna minimal 16 tahun,” jelas Edi Mardiyanto, Wakahumas SMK N 4 Purworejo, Sabtu (10/11).

Dikatakan oleh Edi, program diklat pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan oleh PIP Semarang ini, peserta tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis. Tidak hanya biaya diklat yang gratis, namun konsumsi dan penginapan selama mengikuti diklat ditanggung oleh PIP Semarang.

Pada diklat yang berlangsung selama 12 hari ini, kata Edi, peserta akan memperoleh 3 (tiga) sertifikat ketrampilan yang wajib dimiliki oleh pelaut, yang terdiri dari Basic Safety Training (BST), Safety Awarenes Training (SAT) dan Advance Fire Fighting (AFF).

“Untuk mendapatkan ketiga sertifikat tersebut, apabila taruna diklat sendiri, biayanya sekitar Rp 5 – 6 juta. Dengan kerjasama ini, gratis,” pungkas Edi, yang berharap, kerjasama tersebut masih bisa terlaksana di tahun 2019. (Jon)