151 Siswa Baru SMK Kesehatan Purworejo Lepas Balon Harapan

    


Ratusan siswa baru SMK Kesehatan Purworejo, melepas balon harapan ke udara, sebagai tanda dimulainya PLSSB, Senin (16/7) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – KORANJURI.COM – Sebanyak 151 siswa baru SMK Kesehatan Purworejo, melepas balon harapan ke udara, sebagai tanda dimulainya kegiatan PLSSB (Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru), di alun-alun Purworejo, yang dibuka oleh Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, S.Sos., Senin (16/7).

Kegiatan PLSSB yang dilaksanakan selama 3 hari, dari hari Senin (16/7) hingga Rabu (18/7) itu, diikuti siswa baru dari jurusan keperawatan (3 kelas) dan farmasi (2 kelas).

“Saat menuju alun-alun, mereka diiringi grup drumband sekolah. Selanjutnya menuliskan apa harapan dan cita – citanya, lalu mengikatnya di balon, dan melepasnya ke udara,” jelas Ardiyanto, Humas SMK Kesehatan Purworejo, Senin (16/7).

Pelepasan balon ini, merupakan tradisi unik yang dilakukan SMK Kesehatan. Hal tersebut, menurut Ardiyanto, memiliki makna filosofi, supaya siswa bisa meraih cita-cita setinggi langit.

Kegiatan PLSSB yang berlangsung selama 3 hari tersebut, diisi dengan penyampaian beberapa materi. Hari pertama, diisi dengan materi tentang Wawasan Wiyata Mandala oleh Kodim Purworejo, dan pengenalan sekolah oleh Kepala Sekolah.

Materi hari kedua, jelas Ardiyanto, training motivasi, serta bakti sosial di panti asuhan Muhammadiyah Purworejo, yang bertujuan untuk pembentukan karakter, agar siswa mau berbagi untuk sesama, dan melatih solidaritas.

“Hari ketiga diisi dengan pentas seni, untuk ajang kreativitas siswa, dan penutupan. Saat penutupan, ada pemberian hadiah untuk siswa berprestasi selama kegiatan,” terang Ardiyanto.

Menurut Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, SSos, kegiatan PLSSB tersebut merupakan agenda rutin dan sesuai juklak, wajib diadakan tiap sekolah bagi siswa baru, dan dilaksanakan pada awal masuk sekolah selama tiga hari.

“Kegiatan tersebut juga sebagai ajang promosi. Harapannya, siswa tambah yakin dan mantap untuk sekolah di SMK Kesehatan Purworejo ini,” ujar Nuryadin. (Jon)