15 Tahun Terakhir, Penyebaran HIV/AIDS di Buleleng Tercatat 2.479 Kasus

    


Ilustrasi HIV/AIDS

KORANJURI.COM – Jumlah anak dengan HIV/AIDS semakin meningkat. Yayasan Citra Usada Indonesia (YCUI) mencatat, di wilayah Buleleng saja terdapat 8 anak yang dinyatakan terinfeksi virus mematikan tersebut. Mirisnya lagi, tiga diantaranya dinyatakan sudah meninggal dunia.

“Mereka tertular dari orangtuanya. Dari tiga yang sudah meninggal, lima anak sampai sekarang masih kami damping,” kata Konselor HIV/AIDS, Ricko Wibawa.

Anak-anak yang masih bertahan, dikatakan Rico, sebagian diantaranya juga sudah kehilangan orang tuanya termasuk mereka yang dalam kondisi kritis.

Jumlah total anak penderita HIV/AIDS di Kabupaten Buleleng tercatat sebanyak 24 orang yang dirangkum sejak 1999 hingga September 2015. Total kasus yang ditemui YCUI sebanyak 2.479 kasus.

Penyebaran virus HIV/AIDS menurut Rico sudah pada taraf mengkhawatirkan. Kendati pemerintah dan lembaga nirlaba seperti YCUI berupaya melakukan pencegahan, namun penyakit yang menyerang kekebalan tubuh itu seperti tidak dapat dikendalikan.

“Kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan, terutama mereka yang rentan. Dengan memeriksakan diri sedini mungkin akan bisa cepat ditangani dan dicegah penyebarannya,” ujar Rico.
 
 
way/be