149 Siswa Baru SMK Kesehatan Purworejo Ikuti PLSSB

    


Ratusan siswa baru SMK Kesehatan Purworejo, Senin (15/7), melepaskan ratusan burung merpati, menandai dimulainya kegiatan PLSSB yang berlangsung selama enam hari - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 149 siswa baru SMK Kesehatan Purworejo, mengikuti kegiatan PLSSB (Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru). Mereka ini, merupakan siswa kelas X dari jurusan Keperawatan, 99 siswa, dan Farmasi 50 siswa.

PLSSB ini, dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, SSos, MPd, Senin (15/7), di alun-alun Purworejo. Pelepasan ratusan burung merpati oleh para siswa, menandai dimulainya PLSSB di sekolah kesehatan ini.

“Pelepasan burung merpati ini memiliki makna filosofi, supaya siswa bisa meraih/menggantungkan cita-cita setinggi-tingginya,” jelas Nuryadin, Senin (15/7), di sela-sela kegiatan.

Sesuai namanya, terang Nuryadin, PLSSB ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa dengan lingkungan (baru) di sekolah lanjutan atas, serta menanamkan karakter kebangsaan, cinta tanah air, berakhlak mulia. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan siswa sudah siap mengikuti kegiatan belajar mengajar di SMK Kesehatan Purworejo.

Kegiatan PLSSB di SMK Kesehatan Purworejo, kata Nuryadin, yang didampingi Waka Humas, Ardiyanto, berlangsung selama 6 hari, dari Senin (15/7) hingga Sabtu (20/7). Beragam materi disampaikan tiap harinya, dengan pemateri yang berbeda, baik dari internal sekolah, maupun pihak eksternal.

“Untuk pendidikan karakter kebangsaan, cinta tanah air, dan kedisiplinan, kita melibatkan Kodim 0708 Purworejo,” kata Nuryadin.

Disampaikan pula oleh Ardiyanto, materi pada hari pertama dan kedua, usai pembukaan, dilanjutkan dengan pengenalan kampus, kurikulum, kejuruan, tata tertib sekolah, ekstrakurikuler, wali kelas, BK, dan pengenalan guru.

Pada hari ketiga, Rabu (17/7), pemberian materi tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan kedisiplinan, akan disampaikan oleh personel Kodim 0708, yang dilanjutkan dengan kegiatan outbound di lapangan Pangen. Kegiatan dilanjutkan dengan persiapan pentas seni di hari selanjutnya.

Kegiatan di hari kelima, Jum’at (19/7), bakti sosial di panti asuhan Muhammadiyah Purworejo, yang bertujuan untuk pembentukan karakter, agar siswa mau berbagi untuk sesama, dan melatih solidaritas.

“Hari terakhir diisi dengan pentas seni, untuk ajang kreativitas siswa, dan penutupan. Saat penutupan, ada pemberian hadiah untuk siswa berprestasi selama kegiatan,” terang Ardiyanto.

Menurut, Nuryadin, kegiatan PLSSB tersebut merupakan agenda rutin dan sesuai juklak, wajib diadakan tiap sekolah bagi siswa baru, dan dilaksanakan pada awal masuk sekolah. Kegiatan tersebut juga sebagai bagian dari promosi sekolah.

“Alhamdulillah, pada penerimaan siswa baru tahun ini, jumlah pendaftar meningkat. Dari jumlah siswa yang diterima, ada 205 pendaftar yang masuk,” pungkas Nuryadin. (Jon)