138 Siswa SMK Kesehatan Purworejo Ikuti LDK

    


Pelaksanaan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang diikuti 138 siswa SMK Kesehatan Purworejo, Senin (12/10/2020) di lokasi outbound Jurang Mulyo, Desa Wonoroto, Kecamatan Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 138 siswa SMK Kesehatan Purworejo, mengikuti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) di lokasi outbound Jurang Mulyo, Desa Wonoroto, Kecamatan Purworejo, Senin (12/10/2020).

Para peserta, berasal dari empat elemen organisasi kesiswaan SMK Kesehatan Purworejo, yakni, OSIS, Pramuka, Rohis, dan PMR. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, SSos, MPd.

“LDK ini dilakukan dalam rangka menyiapkan anak-anak menjadi pengurus organisasi siswa yang lebih baik lagi,” ujar Nuryadin, di sela-sela kegiatan.

Juga, kata Nuryadin, bagian dari himbauan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Jateng, yang isinya, kepala sekolah diminta untuk mengendalikan para siswa supaya tidak ikut demo. Dan outbound (LDK) tersebut, merupakan alternatif kegiatan yang positif dalam melaksanakan himbauan itu.

Materi dari LDK yang dilaksanakan selama sehari itu, menurut Nuryadin, meliputi dasar-dasar kepemimpinan, organisasi, dan juga permainan-permainan yang berkaitan dengan kerjasama, toleransi, menghadapi tantangan, dan lainnya.

“Para peserta merupakan pengurus baru organisasi kesiswaan. Mereka, berasal dari siswa kelas X dan XI. Kalau biasanya, LDK dilaksanakan sendiri-sendiri. Tapi karena Pandemi Covid-19, LDK dijadikan satu, dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Nuryadin.

Nuryadin berharap, dengan pelatihan tersebut, akan meningkatkan profesionalisme kerja siswa, juga akan membawa pengaruh kegiatan Rohis, PMR, Pramuka dan OSIS di SMK Kesehatan menjadi lebih baik lagi.

“Mereka bisa lebih menjiwai lagi, sesuai motto SMK Kesehatan Purworejo yang selalu kita terapkan, yakni 3T, Tertib Ibadah, Tertib Belajar dan Tertib Organisasi. LDK ini, merupakan implementasi dari tertib organisasi,” pungkas Nuryadin. (Jon)