130 Siswa SMK Kesehatan Purworejo Jalani Sumpah Janji PKL

    


Penyematan tanda praktikan kepada perwakilan siswa, Selasa (10/3), menandai dimulainya PKL siswa kelas XI SMK Kesehatan Purworejo, dari 12 Maret hingga 30 April 2020, di 23 puskesmas dan apotek se Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 130 siswa SMK Kesehatan Purworejo dari kelas XI jurusan Keperawatan dan Farmasi, menjalani sumpah janji PKL (Praktek Kerja Lapangan), Selasa (10/3), di kampus 2, Gang Kemuning, Pangenjurutengah, Purworejo.

Pengambilan sumpah ini dipimpin oleh Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, S.Sos, M.Pd, dihadapan para orang tua/wali, kepala Puskesmas dan apotek, serta segenap tamu undangan. Dengan penuh khidmat, para siswa angkatan V ini mengikuti sumpah janji PKL.

Dijelaskan oleh Nuryadin, bahwa berdasarkan UU Kesehatan RI no 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan, dan Peraturan Menteri Kesehatan RI no 80 tahun 2016 tentang penyelenggaraan pekerjaan asisten tenaga kesehatan, bahwa dalam menjalankan pekerjaannya, asisten tenaga kesehatan harus mampu menjaga kerahasiaan pasien.

“Oleh sebab itu, dipandang perlu dilakukannya angkat sumpah bagi asisten tenaga kesehatan,” ujar Nuryadin.

Tujuan dari PKL sendiri, menurut Nuryadin, agar siswa serius menjalankan tugas selama PKL, karena tugas tersebut ada resiko hukumnya, dan merupakan bentuk pengabdian, serta ada pertanggungjawabannya, baik secara hukum, maupun kepada Tuhan YME.

Nuryadin juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para kepala puskesmas dan apotik, yang bersedia menjadi lahan PKL bagi siswanya. Untuk para orangtua/wali, Nuryadin berpesan agar mereka mendukung dan mengawasi putra-putrinya selama PKL.

“Untuk para siswa, supaya bersungguh-sungguh mengikuti PKL, dengan tetap menjaga perilaku, nama baik sekolah, pribadi dan keluarga, serta berprestasilah yang baik di tempat PKL,” pesan Nuryadin.

Usai pengambilan sumpah janji PKL, dilanjutkan dengan pemasangan lencana praktikan, kepada perwakilan siswa. Penyematan tanda PKL ini dilakukan oleh Nina Hadnisari selaku kepala jurusan keperawatan, dan Endang Widianingsih, selaku kepala jurusan farmasi, didampingi Waka Kurikulum, Setiawan Adi Nugroho.

Menurut Humas SMK Kesehatan Purworejo, Ardiyanto, dalam pengucapan sumpah janji PKL tersebut, juga ada launching lagu Hidupkan Hidup, diciptakan dan diaransemen oleh Sigit Baskara.

“Untuk pelaksanaan PKL sendiri, dari tanggal 12 Maret hingga 30 April 2020, di 23 apotik dan puskesmas se Kabupaten Purworejo,” jelas Ardiyanto.

Sebelum dilakukan sumpah janji PKL ini, ungkap Ardiyanto, para siswa menjalani diklat pembekalan selama satu hari di sekolah. Dalam pembekalan tersebut, Putri Khozinatul Fikriyah dari jurusan Keperawatan, dan Annisa Fradiana dari jurusan Farmasi, mendapat nilai responsi tertinggi. (Jon)