121 Nyawa Melayang Karena Kecelakaan

    


Banyaknya kecelakaan lalulintas, karena faktor kelalaian manusia - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama tahun 2016, Satlantas Polres Purworejo mencatat, ada 452 kejadian lakalantas. Jumlah ini menurun sedikit dibanding tahun 2015, yang mencapai 461 kejadian.

Dari 452 lakalantas yang terjadi, mengakibatkan 121 orang meninggal dunia, 4 luka berat, 540 luka ringan, dengan jumlah kerugian materi mencapai Rp 288.850.000,-

“Kecelakaan didominasi kendaraan bermotor roda dua, dengan korban mayoritas remaja,” jelas Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Johan Valentino Nanuru, SIK, didampingi Kanitlaka Iptu Edi Winawan, Jum’at (6/1).

Penyebab kecelakaan, kata Johan, lebih didominasi karena faktor kelalaian manusia, seperti melanggar rambu-rambu, lampu APILL (Alat Pengatur Isyarat Lalu Lintas),/marka jalan, serta tidak tertib di jalan.

Kondisi jalan yang rusak dan sudah tak sebanding dengan volume kendaraan, juga menjadi salah satu penyebabnya, terutama pada jam sibuk, saat pagi jam sekolah, dan sore pulang kerja.

Untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, kasatlantas menghimbau, agar pengendara menaati peraturan lalu lintas untuk keselamatan bersama, serta tertib di jalan.

“Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas, dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan,” himbau Johan.
 
 
Jon