11 Napi Rutan Purworejo Dilayar ke Rutan Wonosobo

    


Proses pendistribusian 11 napi Rutan Purworejo ke Rutan Wonosobo, Kamis (30/07/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 11 orang napi (warga binaan pemasyarakatan) Rutan Purworejo, dilayar ke Rutan Wonosobo, Kamis (30/07/2020).

Pendistribusian napi ini, dilakukan karena Rutan Purworejo mengalami over kapasitas. Dari kamar hunian dengan kapasitas 122 warga binaan, dihuni 148 warga binaan.

Sedangkan di Rutan Wonosobo masih memenuhi kapasitas yang tersedia. Dari kapasitas 120 an, baru terisi 80 orang.

“11 napi yang dilayar ini, 2 napi dengan kasus tipikor, dan 9 lainnya kasus pidana umum,” jelas Lukman Agung Widodo, Karutan Purworejo.

Menurut Lukman, tujuan pendistribusian tersebut, untuk pemerataan warga binaan pemasyarakatan, dan pembinaan pada warga binaan dapat berjalan optimal.

Pendistribusian tersebut, kata Lukman, atas perintah dari Kepala Devisi Pemasyarakatan Jawa Tengah.

Dalam arahannya, Lukman berpesan, agar para napi yang dilayar tersebut, supaya patuh terhadap seluruh tata tertib yang diterapkan di Rutan Wonosobo.

“Dimanapun kalian ditempatkan, ikuti setiap proses pembinaan yang diterapkan. Semua semata mata demi kebaikan kalian. Tunjukkan pada masyarakat bawa kalian telah berubah ke arah yang lebih baik,” ujar Lukman, dalam arahannya.

Proses pemindahan warga binaan itu sendiri, kata Lukman, dilakukan sesuai standar operasional prosedur. Warga binaan dijemput oleh petugas Rutan Wonosobo dengan menggunakan kendaraan transpas yang sudah di lengkapi dengan sistem pengamanan.

“Hingga saat ini, sudah 23 napi yang kita distribusikan ke Rutan Wonosobo. Minggu kemarin 12 orang, hari ini 11 orang,” pungkas Lukman. (Jon)